Jika tidak bisa dinikmati mengapa punya asuransi ?

  

“Asuransi itu tidak bisa dinikmati mas, berbeda dengan tabungan di bank yang bisa diambil sewaktu-waktu jika ada keperluan mendesak”

Statemen di atas adalah salah satu yang cukup banyak kami jumpai karena saya dulu juga berfikir demikian.

Pendapat ini nampak ada benarnya karena seseorang akan bersedia melakukan sesuatu jika digerakkan oleh sebuah hasil yang bisa mereka rasakan, walaupun harus mengeluarkan effort lebih besar. Contohnya, kebanyakan orang-orang bersedia membeli mobil walau dengan bunga kredit selangit asal bisa dipergunakan menjelang lebaran, tahun baru atau event momen penting lainnya.

Konsep asuransi yang mengajak menabung dalam persepektif jangka menengah dan jangka panjang terasa kurang begitu menggigit karena unsur keterdesakannya tidak ada. Asuransi menurut hemat saya termasuk golongan sesuatu yang penting tetapi tidak mendesak, sangat berbeda dengan kepemilikan mobil, perhiasan, beragam tawaran beli barang discount walaupun tidak penting tetapi bisa terasa mendesak.

Bagaimana mengatasinya ?

Jika saya bertemu dengan prospek yang berencana menunda memiliki Tapro dengan alasan tidak bisa dinikmati saat ini, bagaimana cara saya mengatasinya ?

  1. Penting sekali saya memahami dengan sungguh-sungguh latar belakang seorang prospek. Keadaan seorang prospek saat ini tidaklah terjadi secara tiba-tiba melainkan terjadi akibat keputusan yang mereka ambil beberapa tahun sebelumnya. Apa keputusan besar yang telah mereka tetapkan di masa lalu menghasilkan keadaan saat ini.
  2. Apakah keadaan finansial dan kesehatan prospek saya sudah seperti yang mereka inginkan ataukah tidak? Jika prospek merasa tidak nyaman dengan finansialnya saat ini karena tidak memiliki cukup dana untuk membiayai program suksesnya bukankah terasa sangat konyol jika prospek tidak MERUBAH cara mengelola keuangannya sejak sekarang agar kondisi yang mereka alami saat ini tidak terjadi di masa datang ? Logika ini berlaku Sama saja dengan persoalan kesehatan prospek. Albert Einstein pernah berkata bahwa definisi GILA adalah menginginkan hasil yang berbeda tetapi dengan CARA YANG SAMA!
  3. Jika saya dapat memastikan bahwa kualitas hubungan saya dengan prospek sudah terjalin cukup akrab, maka tidak segan-segan saya kembali mengingatkan dan mengajak untuk merubah cara mengelola keuangan melalui program TAPRO. Jadi inti persoalannya bukan soal cara memasarkan produk asuransi kepada prospek, tetapi fokus saya lebih tertuju kepada solusi memiliki kehidupan lebih baik dan lebih nyaman yang berasal dari impian dan harapan dari prospek sendiri.
  4. Secara jujur saya akan mengatakan bahwa memang benar menabung tidak dapat dinikmati saat ini tetapi menabung adalah upaya menunda kesenangan yang membawa manfaat luar biasa di masa mendatang.
  5. Hasil yang diperoleh atas investasi Program proteksi seperti Tapro akan dinikmati oleh anak-anaknya kelak, karena melahirkan generasi yang kuat secara mental dan finansial bukan generasi yang rapuh karena hidupnya tergantung dari belas kasihan orang lain.

Jika anda masih dalam fase belum terlalu sukses barangkali penyebabnya adalah terlalu sedikit yang bisa disisihkan dari apapun yang kita miliki dan terlalu besar yang cenderung kita habiskan saat ini.

Sekarang atau nanti, setiap orang pasti membutuhkan alokasi dana besar untuk menjalani hidupnya di masa pensiun. Penyesalan 90% para pensiunan adalah mereka tidak cukup bijaksana untuk mempersiapkan segala sesuatu di kala mereka masih muda dan di saat mereka masih memiliki kemampuan.

Sesal kemudian tiada berguna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: