STOP BLUFFING

Dalam industri Network Marketing, termasuk MLM banyak sekali audience, prospek atau new member yang TERJEBAK dengan sukses story dan cerita inspirasi beberapa leader yang berhasil! 

Seorang remaja baru berusia belia sudah berhasil meraih income sekian dan sekian hanya dalam waktu SINGKAT, seorang yang sudah uzur dengan akumulasi komplikasi penyakit SEMBUH dalam waktu Cepat! Seorang ibu-ibu yang tidak tahu apa-apa bisa berhasil memiliki kerajaan bisnis yang besar.

Kadangkala kesuksesan mereka yang ditampilkan sedemikian “wah” dibuat begitu menarik agar lebih percaya. Jika simbol suksesnya seperti super car, mobil dan rumah mewah, income besar tidak membuat pelakunya memiliki keselarasan dengan apa yang dicapainya, tidak membuat saya menjadi terkesan. Apalagi jika semuanya hanya bluffing saja. Mengatakan (pernah) memiliki income Rp 100.000.000 dengan seratus juta stabil adalah dua hal yang berbeda, bukan?

Saya tidak akan tertarik jika leader yang memiliki barang mewah tetapi mentalnya seperti orang miskin, sombong dan tinggi hati. Karena bisnis jaringan adalah bisnis berbasis manusia dan integritas. 

Saya sangat tertarik pada sikap rendah hati saat berdialog secara langsung dengan leader besar di Allianz. Seorang yang memiliki kekayaan cukup lama tidaklah membutuhkan “pengakuan” atas kekayaannya. Kecuali kalau dia hanya memiliki “sedikit” sehingga butuh pengakuan dan kemasan yang fantastis agar mereka yang melihatnya segera terpengaruh. 

Tetapi hati kecil tidak dapat dibohongi, bukan?

Erik Worre dalam bukunya Go Pro mengingatkan semua pelaku industri ini untuk memahami prinsip dasar universal bahwa segala sesuatu yang besar berasal dari sebuah proses yang panjang. 

Jika ingin menjadi seorang profesional di industri network marketing atau Business System di Allianz, janganlah mudah “terintimidasi” oleh Shortcut, Jalan pintas, atau berbagai cara-cara yang instant.

Meskipun peristiwa seperti itu ada dalam kehidupan kita tidak lain hanyalah sebuah kebetulan dan keberuntungan yang tidak bisa diduplikasi. 

Jangan larut dengan pajangan puluhan mobil Ferrari sehingga menjadi kalap langsung bergabung dengan penawaran mereka tanpa mempelajari lebih dalam pilar utama dalam bisnis jaringan :

1. Apakah leader yang bersangkutan telah memiliki jam terbang lebih dari 10.000 jam? Jangan membandingkan diri anda sebagai pemula dengan mereka. Pertanyaan pentingnya : bersediakah anda melalui hal itu? Tidak ada bisnis besar dengan hasil instant jika anda belum memiliki keputusan untuk menjadi seorang Profesional.

2. Berapa orang yang telah berhasil seperti dia dalam komunitas tersebut? Jika ada 1 orang yang berhasil di setiap 10.000 member yang bergabung, maka anda perlu mengevaluasi kesungguhan diri anda sebelum terlanjur masuk dalam kolam pertarungan keberuntungan? 

Tidaklah bijaksana menggeneralisir 1 orang pemuda yang sukses berarti semua pemuda akan dapat berhasil seperti dia. 

3. Sejak saya menekuni industri jaringan 1993, pada saat itu puluhan ribu member gabung dan dalam waktu setahun saja mereka hilang tak berbekas, seperti Buih di Pinggir Pantai. 

Saya masih ingat, betapa terasa bergetar dan perasaan ketakutan yang sedemikian besar menggelayuti pikiran saya ketika mentor International saya mengatakan “Jika ingin sukses, sponsori peer and above”. Anda wajib sponsori kelemahan anda, carilah orang yang lebih baik dari diri anda, sponsori para profesional sedangkan saya? Masih mahasiswa! Mana bisa saya mengajak mereka? Apakah mereka akan percaya dan bersedia saya presentasi? Saya yang penuh rasa rendah diri dan kekosongan pengetahuan rasanya tidak mungkin meyakinkan mereka yang telah memiliki income lebih besar, status lebih mapan, pengalaman lebih mapan dan mental yang lebih mumpuni daripada saya. 

Akhirnya, saya percaya hukum katup kepemimpinan : Selama saya tidak bertumbuh maka tidak akan pernah tim saya berkembang lebih maju sebelum saya bertumbuh lebih dahulu. Saya butuh waktu untuk belajar dari “dalam” dan saya harus bersedia melakukannya meskipun saya menggigil ketakutan.

Dalam industri MLM proses sangat penting. Dalam industri asuransi proses sangat penting. Dalam industri apapun proses sangat penting. 

Tetapi, proses tidak akan pernah mengkhianati hasilnya itulah sebabnya anda wajib untuk bertahan sebelum mencapai titik puncaknya. Never Give Up – Never Quit .

Bagaimana mensikapi keberhasilan orang lain? Apakah jika ada orang lain berhasil anda juga bisa berhasil? Belum tentu, jika anda tidak bersedia mengambil keputusan untuk melakukan segala hal yang membuat anda sukses dan keberanian untuk menghadapi kegagalan demi kegagalan. 

Jika mereka menunjukkan buktinya, itu hanya membantu menambah keyakinan anda saja. Selanjutnya logika dan mental lapangan anda yang akan banyak dibutuhkan. 

Tetapi apakah peluang anda akan sebesar mereka? Belum tentu pula. 

Terdapat elemen penting sebelum anda “fight” habis-habisan untuk meraih impian anda melalui bisnis yang akan anda geluti :

Pertama, cek reputasi perusahaannya dahulu. Jangan hanya karena modal semangat terlanjur ajak puluhan hingga ratusan orang gabung, perusahaannya tutup karena bangkrut. Reputasi penting untuk bisnis jangka panjang.

Kedua, produk dan servicenya apakah cukup menarik dan dibutuhkan orang lain? Pikirkan siapa dan apa produk kompetitornya? Jangan berbisnis dengan produk yang life time nya sudah mulai menua dan kehilangan daya saing.

Ketiga, line of sponsorship. Apakah mentor dan upline anda memiliki komitmen membangun bisnis jangka panjang? Akan menyedihkan jika anda baru saja masuk mereka sudah siap-siap keluar. Pastikan mentor anda memiliki goal terhadap kinerja anda. Jangan menjadi pemain bisnis yang tidak diperhitungkan oleh orang-orang penting dalam bisnis anda. Jika Anda hanya sebagai suporter selama ini cepatlah mengevaluasi diri, apa penyebabnya? 

Keempat, adakah sistem pendukung kesuksesan tim anda? Support System penting jika anda ingin meraih bisnis yang besar dan stabil. Karena tanpa konsep duplikasi, anda hanya melakukan pekerjaan saja bukan sebuah bisnis!

Kelima, bisnis tidak terlepas dari kompensasi. Apakah bonus yang ditawarkan dapat membuat diri anda dan tim anda survive dan melompat lebih jauh? Terlalu banyak bisnis yang menjanjikan bonus besar tetapi sesungguhnya didesain untuk “tidak bisa diraih”. Semuanya hanya angka dan peluang tetapi kering oleh fakta dan bukti.

Di Allianz dari 4000 Business Partner ada 146 orang yang meraih income Rp 1 Milyar – Rp 17 Milyar per tahun, 138 orang yang berpenghasilan Rp 500 juta setahun dan ratusan orang yang berpenghasilan kurang Rp 500 juta setahun dan ribuan orang yang berpenghasilan Jutaan. 

Yang terpenting bukanlah besaran incomenya tetapi seberapa lama mereka memilikinya itulah yang membuat hidup mereka berubah.

Keenam, apakah anda bersedia mengembangkan diri anda lebih maju, bersedia untuk melakukan lebih banyak, mengambil keputusan untuk tidak berhenti sebelum impian anda tercapai? 

Sampai jumpa di puncak sukses ! 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: