Salah memilih partner bisnis sumber masalah

bola

Memiliki bisnis besar dan dapat diwariskan adalah idaman setiap orang.

Para pelaku industri asuransi yang berbasis network marketing atau multi level marketing seringkali salah menetapkan keputusan memilih partner bisnis. Terlalu banyak jebakan “Batman” karena terpengaruh jebakan yang begitu menggiurkan.

Hal-hal apa yang membuat pelaku bisnis jaringan menjadi menyesal di kemudian hari, khususnya dalam urusan seperti ini :

  1. Terburu memutuskan bergabung karena termakan iklan tanpa meneliti lebih jauh kredibilitas dan reputasi perusahaan yang bersangkutan.
  2. Menjadikan Rencana Pemasaran atau Marketing Plan sebagai landasan utama pengambilan keputusan. Perusahaan yang memberikan kompensasi besar belum menjadi jaminan bahwa bisnisnya akan long lasting. Justru, malah seringkali berarti sebaliknya. Semakin tidak masuk akal kompensasi yang diterima semakin rapuh kesehatan perusahaan tersebut
  3. Produk adalah sumber kemajuan bisnis. Logika salah yang sering dipilih pelaku MLM bahwa produk ajaib yang sedang dipromosikan suatu saat nanti tidak memiliki pesaing. Fakta di lapangan membuktikan, setiap kali muncul produk gendre baru yang memiliki keunggulan dalam kurun waktu tidak terlalu lama akan dipasarkan oleh perusahaan pesaing dengan kemasan atau harga yang lebih terjangkau
  4. Terprovokasi oleh penjelasan dan bukti leader yang sudah berhasil. Hanya modal percaya tanpa didukung oleh fakta data yang memadai dapat beresiko tinggi. Terlalu banyak bertebaran leader gadungan yang over promote, cenderung melebih lebihkan fakta dan potensi yang ada. Mulai dari cerita besarnya bonus yang pernah diterima dalam kisaran pencapaian fantastis ditambah bumbu-bumbu foto sukses. Padahal, pernah meraih income segitu besar berbeda artinya dengan selalu meraih income yang dimaksud.

Bagaimana seharusnya ?

Dalam literatur dan edukasi standart perusahaan senantiasa di kenal dengan 5 pilar sebagai indikator utama dalam memutuskan perusahaan mana yang akan dipilih sebagai partner bisnisnya.

Diantaranya

  1. Pilar Reputasi Perusahaan
  2. Pilar Rencana Kompensasi
  3. Pilar Mutu, Kualitas Produk dan after service
  4. Pilar Support System, panduan sistem menuju sukses
  5. Pilar Garis sponsorisasi

Ke lima pilar di atas seharusnya jangan diambil sebagian tetapi dibuang sebagian.

Perusahaannya baru buka, tidak memiliki legalitas jelas atau tidak jelas integritas pemilik perusahaannya, meskipun produknya bagus bisa berdampak kestabilan jangka panjang. Terlalu banyak perusahaan MLM yang tidak dapat bertahan melalui ujian waktu 5 tahun pertama. Hingga saat ini tidak banyak perusahaan MLM yang mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Kalau perusahaannya saja sudah tutup, bagaimana bisa menjadi bisnis yang bisa diwariskan ? Mustahil rasanya

Atau skenario lainnya, Kompensasinya Besar tapi produknya buruk. Produk buruk terkesan abal-abal menimbulkan kerugian secara langsung bagi para distributor atau para pemasarnya. JIka produknya tidak bagus, siapa yang mau membelinya? Sedangkan di sisi lainnya perusahaan pesaing mampu menghadirkan produk yang bermutu dan memiliki sertifikasi yang jelas ?

Saya memilih perusahaan asuransi Allianz sebagai partner bisnis karena memenuhi lima pilar di atas.

Allianz adalah bukan saja perusahaan besar, tetapi sudah membuktikan reputasi Globalnya sebagai perusahaan terbesar dunia dengan rating 21 Forbes (2017), Usia perusahaanya juga sudah mencapai 127 tahun membuktikan mampu bertahan melalui terjangan waktu. Bagaimana dengan produk dan after service ? Jika anda memahami fitur produk critical illness Allianz hingga saat ini saya belum menemukan lawan yang sebanding, belum lagi after service nya meliputi seluruh dunia.

Compensation Plannya ? wah saya rasa sangat menjanjikan dan sudah terbukti hingga 2016 Allianz Indonesia sudah berhasil membantu 197 orang / agen menjadi milyader dengan income stabil Rp 1 Milyar hingga Rp 17 Milyar per tahunnya. Dan angka ini terus meningkat. Semuanya karena dukungan budaya perusahaan dan kompensasi pemasaran bagi agennya.

Support System ? Anda perlu melihat dan datang langsung untuk mempelajarinya. Jangan pernah percaya sebelum anda mengetahuinya sendiri.

Univision adalah salah satu support system yang menyediakan informasi dan lingkungan yang memadai bagi anda yang ingin berhasil di industri asuransi Allianz.

Apakah Allianz yang terbaik ? Yang lebih mahal lebih banyak!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: