Tips Presentasi Membosankan

boring presentasi

Tim Univision

Selama saya menemani beberapa tim kerja, saya menjumpai beberapa pola presentasi yang seragam khususnya bagi mereka yang masih baru atau sudah bergabung cukup lama tetapi menghindari pertemuan dan konsultasi dengan para mentornya.

Pola presentasi yang saya maksud adalah presentasi yang membosankan dan tidak efektif, sehingga jangankan menjumpai hasil yang menggembirakan seperti bergabung sebagai agen baru atau nasabah Allianz saja, malah justru yang terjadi adalah sebaliknya mereka tidak bergabung dan menyisakan cerita yang kurang baik kepada pasangannya di rumah.

Pola Umum Presentasi Agen Baru 

  1. Setelah berhasil bertemu prospek, langsung presentasi tanpa mengajukan pertanyaan-pertanyaan penting. Kalaupun bertanya hanya sekedar basa basi yang tidak memiliki tujuan jelas.
  2. Komunikasi satu arah, tidak bersifat personal. Seperti berbicara sendiri tanpa mempedulikan gesture dan posisi prospek. Make it Personal, gunakan dan selalu sebut nama peserta dalam sesi presentasi dan tanya jawab. Nama yang paling indah yang ingin didengar prospek adalah namanya sendiri.
  3. Terburu-buru menjelaskan peluang bisnis sebelum prospek sepakat tentang esensi proteksi yang akan dimiliki, untuk siapa proteksinya, kapan, berapa nilainya, dan konfirmasi ulang apakah sudah cukup jelas dengan presentasi
  4. Tidak terjadi Eye Contact dan mengamati buying signal prospek
  5. Presentasi belum selesai, membiarkan prospek mengajukan pertanyaan sehingga topik pembahasannya menjadi bias dan tidak fokus kepada topik utama
  6. Selama presentasi disambi dengan aktifitas lainnya
  7. Presentasi dengan sistematika acak adul. Begitu ketemu prospek, langsung membahas dan menceritakan produk Tapro Allianz. Apa maksudnya ? Sepengetahuan saya agen Allianz dalam tim saya dalam sesi presentasi seperti ini : “Begini pak ruwet, saya sekarang bergabung di Allianz. Anda tahu Allianz kan ? Saya bukan menawarkan produk asuransi, tetapi dana cashnya jika mengalami sakit kritis. Namanya Tapro. Pak Ruwet tahu Tapro Ga? Saya jelaskan ya pak, Jadi kalo anda membuka rekening di bank setiap bulannya Rp 1.000.000 selama setahun trus tiba-tiba orang tua atau diri anda sendiri mengalami resiko sakit kritis dan butuh uang untuk berobat Rp 500.000.000, bagaimana pak? apakah bank bisa menyediakan dana sebesar itu? Tentu tidak kan? Nah, saya punya program bagus pak Tapro. Seperti bagaimana Tapro itu ? seperti ini pak…bla bla bla….

Apa masalahnya ? mengapa presentasi seperti ini tidak efektif ? Alasannya jelas karena tidak standart, tidak seperti contoh yang diajarkan oleh Univision.

Univision mengajarkan Presentasi Standart tentu sudah melalui pertimbangan dan analisa hasil di lapangan.

Presentasi Standart terdiri dari dari kerangka utama :

Pembukaan – executive summary – selling idea – konsep produk proteksi – fitur produk tapro dan fakta data sakit kritis – reputasi perusahaan – testimoni / pengalaman pribadi -diskusi selanjutnya konsep bisnis asuransi – marketing plan – selanjutnya diakhiri dengan promo pertemuan Business Talk dan Edifikasi Mentor / Direct BP nya

Seperti apa Presentasi Standart ? silakan konsultasikan kepada mentor anda sekarang jika anda lupa.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: