Cara Memulai Agen Baru

How To Start – Cara Memulai Agen Asuransi
Skill ini adalah keahlian yang paling penting dibandingkan skill lainnya, khususnya bagi platform Business Syatem Allianz yang menitik beratkan kepada pengembangan jumlah man power dibandingkan penjualan secara personal.

Anda sebagai leader boleh tidak menguasai skill lainnya, tetapi TIDAK UNTUK SKILL HOW TO START YOUR AGENT. Anda wajib menguasainya dengan sempurna bahkan harus menguasainya di luar kepala.

MENGAPA PENTING ?

Karena apa yang pertama kali anda lakukan terhadap agen baru anda yang akan diingat selamanya atau cenderung lebih mudah diingat.

Jika anda mengajarkannya keliru maka itulah yang akan mereka lakukan, begitu juga sebaliknya.

Bagi anda para Leader yang concern kepada terbentuknya perilaku yang dapat diduplikasi, maka skill ini memegang peranan penting untuk 1-5 tahun mendatang.

Meskipun dampaknya tidak langsung terasa, namun dalam jangka panjang bertumbuh atau tidaknya jumlah man power agen anda ditentukan oleh bagaimana anda memandu agen baru anda untuk memulai karir bisnisnya di Allianz.

SKILLPENUNJANG – SKILL HOW TOSTART

Skill How To Start Merupakan tahapan kerja yang perlu dilakukan oleh agen yang berkeinginan untuk sukses di Allianz melalui support system Univision.

Apa Skill Penunjangnya ?

Anda membutuhkan PeopleSkill yang baik pada saat melatih tim baru anda, mengapa demikian ? Karena 90% anda akan lebih mudah didengarkan oleh prospek baru dibandingkan jika mereka tidak suka kepada anda.

Bagaimana mendalami People Skill atau keahlian berkomunikasi dengan orang lain ? Itulah pentingnya anda mengikuti pertemuan Core Vision bagi agen aktif.

Core Vision bukan hanya mengajarkan bagaimana anda memahami prinsip berkomunikasi yang menyenangkan tetapi mengajarkan anda bagaimana menata MIND SET DAN SIKAP MENTAL anda saat berbicara dengan orang yang belum anda kenal.

Meskipun anda paham bagaimana menjalin hubungan yang baik, tetapi menjadi kurang efektif jika sikap anda masih buruk. Jika asumsi Cara Pandang orang lain terhadap Diri Anda masih kurang baik, bagaimana mungkin anda bisa berbicara dan melatih mereka dengan baik ?

Jadi Skill penunjang anda adalah keahlian berkomunikasi dengan orang lain. Bisnis Allianz adalah Bisnis tentang Manusia bukan tentang polis asuransi.

BAGAIMANA MEMULAI AGEN BARU ?

Secara garis besar terdapat 5 Komponen Penting :

GOOD MINDSET 

  1. Berikan ucapan selamat atas keputusannya. Saat anda berhasil membantu mereka mengambil keputusan menjadi Agen Asuransi dalam paruh waktu atau keseluruhan waktu mereka, maka di awal pertemuan anda perlu memberikan apresiasi atas keputusannya, seperti “Selamat anda telah bergabung di Allianz, dari sini anda akan mengalami perubahan secara drastis dalam bidang finansial, kebebesan waktu dan pikiran. Kelak kehidupan anda benar-benar akan berubah menjadi lebih dekat dengan impian anda yang sebelumnya mungkin pernah hilang atau sudah terkubur” . Sejak hari ini anda tidak lagi sama dengan masa lalu anda. Percaya dengan saya dan ini adalah faktanya (tunjukkan fakta dan data perubahan yang dialami oleh pelaku bisnis ini termasuk tim crossline anda di Univision)
  2. Anda wajib membangun mind set yang benar tentang Cara Berfikir Seorang Pengusaha yang sukses. Katakan bahwa Sukses atau Gagalnya anda di sini tidak ditentukan oleh orang lain, support system, mentor atau keadaan anda saat ini melainkan diri andalah yang menjadi penyebabnya
  3. Jelaskan peran anda yang sesungguhnya sebagai mentor. Katakan bahwa “Tugas saya adalah secepat mungkin mentransfer /memindahkan pengetahuan dan skill dasar yang dibutuhkan untuk sukses di Business System Allianz” sehingga saya mengajak kesediaan anda pada tahap awal belajar dan bertanya lebih banyak.
  4. Yakinkan kepada mereka tentang prinsip ini bahwa “Saya akan bekerja bersama anda, bukan Saya bekerja untuk anda”. Hal ini sangat penting untuk mengajarkan kemandirian serta memperjelas peran anda untuk membantunya dan bukan menjadi pembantu terhadap tim baru anda. Tahukah anda bedanya membantu dengan menjadi pembantu ?
  5. Tunjukkan fakta bahwa bisnis ini memiliki resiko, sebagaimana bisnis lain bahwa ada siklus naik dan turun. Tidak selamanya siang akan terik kadang kala bisa turun hujan lebat. Tidak selamanya prospek akan join dan panen setiap waktu. Ada masa dimana motivasi seseorang mengalami penurunan. Buatlah kesepakatan apa yang sebaiknya yang ingin anda lakukan ketika prospek anda mulai kehilangan semangat. Tunjukkan beberapa tanda umum bahwa seseorang mulai menurun diantaranya Mulai sulit dihubungi, tidak cepat menjawab pesan singkat anda, menghindari pertemuan, sering absen dengan beragam alasan, mulai menarik diri dari perannya, menceritakan keburukan tim sendiri kepada cross line atau orang lain, enggan untuk berbicara. Jika hal ini terjadi, buat kesepakatan di awal, bagaimana sikap dan perlakuan yang diinginkan sebagai seorang mentor/ pelatih / direct sponsor, apakah harus membiarkan sampai sang prospek kembali dengan sendirinya, atau sebaiknya sang mentor mengajaknya berbicara atau menghubungi via telepon untuk membuat solusi atau mengajaknya di seminar dengan rasa tanpa putus asa ? Hal ini sangat penting disepakati agar kelak, anda sebagai mentor dapat tampil Profesional serta tidak dianggap sedang mengejar ngejar dirinya atau dianggap mengabaikan masalah personal mereka. Selama segalanya disepakati di awal maka tidak ada lagi pihak yang harus saling menunggu atau memaksakan secara sepihak untuk mengambil tindakan. Bekerjasama dengan membawa prasangka akan sangat melelahkan, bukan ?
  6. Pastikan prospek baru anda sudah paham dengan kontrak kerjasama dan kompensasi yang akan diterima. Buatlah sesi tanya jawab dan jawablah keraguannya dengan data atau fakta yang ada. Gunakan epro Univision dan Buku Power of Closing untuk menjawab 13 pertanyaan paling umum bagi calon agen dan nasabah baru.
  7. Proses ini membutuhkan waktu 15-20 menit

EQUIP SKILL & KNOWLEDGE

Meskipun sikap memegang kunci 95% sedangkan skill hanya 5% tetapi penguasaan yang benar atas skill mampu membuat agen baru anda lebih percaya diri serta menghindari Miss Selling.

Apalagi asuransi adalah produk janji jangka panjang dengan nasabahnya. Janji perusahaan asuransi berkekuatan hukum dan dilindungi oleh Undang UndangNegara RI. Jadi para agen baru wajib menguasainya.

Meskipun Allianz telah menyediakan sara ana training dan pendidikan tetapi tidak cukup bagi anda yang siap membangun jaringan. Karena pengetahuan tentang teknologi jaringan dan organisasi berada dalam cakupan SUPPORT SYSTEM.

Skill apa saja yang perlu diajarkan pertama kali ?

  1. Bagaimana memahami produk asuransi, cara membayar premi, merubah premi, membuat ilustrasi, mengisi formulir keagenan dan nasabah, mengurus klaim, cara membaca ilustrasi.

2. Memahami cara mengelola daftar nama, tahu teknik menambah daftar nama dan membuat janji, cara mempresentasi prospek, tahu cara mengakses informasi dan pengetahuan melalui alat bantu yang disediakan, mempromosikan pertemuan

—bersambung—

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: