Jurus Rahasia Membangun MDiT

Pernah dengar slogan We Build MDiT?

Apakah anda berminat? Seberapa besar minat anda? Apakah berharga bagi anda? Atau anda tidak mengerti apa itu MDiT?

Jika anda belum mengerti apa yang dimaksud MDiT, datang dulu di Core Vision.

Kalau anda merasa kesulitan datang di pertemuan dengan alasan terbatasnya waktu atau alasan apapun, saya berikan tips sederhana : Anda gabung dulu jadi distributor MLM dan kerjakan sungguh sungguh selama 5 tahun, atau melamarlah menjadi pegawai lagi, kerjakan semua tugas dengan penuh tanggung jawab selama 10 tahun baru temui saya mengapa anda perlu Bisnis Allianz sebagai MDiT.

Penting sekali, anda memperhatikan Esensi Membangun Bisnis Jaringan adalah terletak kepada Proses Duplikasi Agen Baru menjadi seorang New Core Person.

Selama anda paham bahwa group bisnis anda harus berisi banyak orang yang melakukan presentasi setiap harinya maka segalanya akan berkembang baik : jumlah peserta pertemuan, jumlah man power, volume omset, dan deposito keyakinan terhadap diri sendiri.

Ke empat komponen di atas akan meningkatkan ritme Momentum bisnis anda hingga pada skala optimum.

Membiarkan agen baru anda yang baru bergabung untuk tidak melakukan apa-apa justru akan menyulitkan langkah anda untuk memimpin mereka.

Dengan sedikit “dorongan” agar mereka secepatnya action berupa mengundang dan mempresentasikan Konsep Financial Security Network akan menyelamatkan bisnis anda sendiri.

Rumusnya sederhana : Keyakinan Tumbuh Dari Tindakan Yang Nyata !
Meskipun hasil yang diperoleh saat awal kali presentasi begitu mencemaskan mereka, bahkan berujung kepada kegagalan menyelesaikan transaksi (gagal closing), namun berdasarkan pengalaman saya selama 25 tahun di bisnis jaringan bahwa mempresentasi prospek dan hasilnya gagal akan lebih baik hasilnya dibandingkan anda gagal membuat agen baru anda, bersedia mempresentasikan bisnisnya untuk pertama kali.
Semakin lama agen baru anda menunda melakukan presentasi, semakin jauh keyakinannya dari kesuksesannya menuju BP apalagi menjadi MDiT.
Siapa yang rugi ? Anda dan dia, bukan ?

Semakin handal anda menyelesaikan tugas pendampingan kepada mereka, dan semakin lama anda membiarkan agen baru anda sekedar mengamati kehebatan anda dalam closing prospeknya tanpa diiringi dengan keberanian untuk memulai presentasi sendiri, semakin berat anda memikul tanggung jawab organisasi bisnis anda.

Grup anda menjadi sangat tergantung pada diri anda!
Jika anda memiliki 10 Frontline baru di 30 hari pertama boleh saja anda memberikan contoh dan pendampingan. Tetapi jika sudah diberikan contoh presentasi /followup hingga 6 kali tak juga mereka mengambil peran utamanya maka total presentasi yang anda pikul sendirian adalah 10x jumlah prospek mereka masing-masing.

Jika agen baru anda memiliki agenda dengan 10 orang yang percaya dengan agen anda, maka 10×10 = 100 kali presentasi dalam satu bulan plus 2x 100 followup = 200 kali. Sehingga totalnya mencapai 300 kali aktifitas.
Saya tidak yakin anda bersedia untuk melakukannya.

Mengapa demikian?

Secara naluriah, anda akan mulai mengalihkan fokus kerja anda untuk menyelesaikan Home Work pribadi menjadi BP dahulu. Artinya anda mulai menemui nasabah anda sendiri, di saat momentum tim anda sedang naik.

Jika momentum sedang naik langsung anda tinggalkan tanpa mendelegasikan tugas anda kepada frontline untuk melanjutkan presentasi dan follow up, maka tidak lebih dari dua bulan tensi momentumnya langsung turun lagi.
Menaikkan kembali momentum yang sudah mulai turun terhadap agen yang sudah bergabung akan lebih susah daripada menaikkan semangat seorang agen yang positif tapi belum lulus ujian.

Waktu terlama yang anda miliki untuk menemani agen baru anda tidak boleh lebih dari satu bulan! Maksudnya, jangan biarkan agen baru anda tidak tahu apapun tentang bisnis ini dan tidak melakukan apa-apa lebih dari satu bulan.
Meskipun telah tersedia Business Talk dan Epro, tapi tanpa pendampingan secara langsung oleh anda maka segala dapat terjadi.

Mereka bisa saja tetap semangat tapi pelan-pelan mulai kehilangan keyakinannya terhadap dirinya sendiri.

Jadi, saran saya secepat mungkin anda temani mereka untuk menemui daftar namanya, dan secepat mungkin anda latih mereka, untuk melakukan presentasi sendiri sebelum anda mulai mengerjakan daftar nama nasabah / frontline anda sendiri.

Tapi ingat, membangun kelebaran menjadi prioritas utama dan seharusnya dilakukan dalam kurun waktu yang lebih cepat sebelum anda mengerjakan yang lainnya.

Kesalahan banyak agen adalah membangunnya 1-1-1-1-1-1. Maksudnya mensponsori satu agen, menemui level 1 dibawah agen direct anda, menembus kedalaman level 2, 3 dan seterusnya.

Cara seperti ini membuat tim anda semakin tidak efektif. Karena mereka melihat anda hanya fokus pada satu kaki saja.

Sangat wajar, agen direct anda berfikir bahwa anda sedang kehabisan daftar nama prospek sehingga hanya dia saja yang paling potensial untuk didampingi.

Semakin sedikit agen direct anda melihat crossline nya semakin rendah level pengaruh anda kepadanya. Meskipun dia sangat membutuhkan peran anda tetapi memposisikan diri anda bukan sebagai pemimpin atau mentor bisnis selain sebagai “alat bantu” saja.

Bandingkan, jika saat anda membangun kelebaran anda membawa secara bergantian 2,3,4 bahkan hingga 8 murid sekaligus dalam sesi group meeting ? Ada 10 kelebaran baru anda berkumpul dalam satu ruangan, dan mereka semuanya adalah direct agen level pertama anda?

Anda lebih efektif untuk memimpin mereka, bukan?

Soal teknik membangun kelebaran yang efektif akan saya ulas tuntas pada sesi khusus bagi anda yang telah memiliki 10 kelebaran direct agen lebih. Tentubsaja tidak di sini, tapi dalam sesi konsultasi group bulanan.

Jika anda memilih opsi lainnya bahwa sejak awal anda langsung fokus nasabah tanpa mempertimbangkan pentingnya memiliki kelebaran frontline, maka yang terjadi adalah seperti teman-teman saya, dalam jangka menengah incomenya lebih sulit naik karena jumlah agennya masih terbilang sedikit.

Sampai-sampai bersedia mengeluarkan investasi berapapun demi memiliki pertumbuhan agen yang besar.

Teman-teman agen saya terus menerus terbentur dengan persoalan klasik meskipun dirangsang dengan reward dan segala macam insentif jumlah agen tidak bergerak naik secara signifikan.

Mengapa demikian? Karena salah membangunnya sejak awal.

Mensponsori pada saat anda sudah memiliki income besar justru akan menyulitkan diri anda sendiri.

Anda bisa kehilangan Nyali Keberanian anda karena tanpa anda sadari sedang dalam lapisan zona nyaman yang begitu tebal dan lebih berat untuk ditembus.

Itulah sebabnya, saya sangat menghargai siapa saja yang tetap mensponsori orang baru pada saat incomenya sudah bertengger di atas 20 jutaan sebulannya, karena tanpa agen baru, tanpa harus keluar malam, tanpa harus menghadapi penolakan incomenya masih stabil.
Tapi ingatlah, bahwa masa bulan madu itu akan terjadi dalam kurun waktu 2 tahun saja sebelum incomenya terjun bebas.

Kembali pada topik di atas, anda perlu menjaga semangat dan komitmen anda untuk memberikan pemahaman kepada agen baru anda untuk secepatnya bersedia melakukan presentasi mandiri dan memecahkan rekor barunya untuk menjadi seorang Core Person.

Semakin anda memahami proses melahirkan seorang new coreperson maka akan semakin kokoh pondasi kepemimpinan anda dalam Business System Allianz.

Apakah menjadi MDiT dengan cara memperbesar jumlah BP nya ?

Mungkin saja bisa. Tapi saya rasa ada cara yang lebih mudah. Saya tidak tertarik dengan cara yang rumit dan tidak bisa diduplikasi.

Kunci menjadi seorang MDiT bukanlah memperbesar jumlah Business Partner (BP) tapi memperbesar jumlah coreperson dalam grup anda.

Nah, masalahnya sekarang : core person seperti apakah yang bisa membawa anda menuju MDiT, berapa banyak core personnya, dan program apakah yang mampu mengelola para core person anda sehingga memiliki kualitas sebagai seorang leader?

Rumus dasarnya dapat anda temukan jika anda secara intens menghadiri pertemuan Core Vision.

Core Vision is the way to build MDiT.

Meskipun saat saya menulis ini belum resmi menjadi seorang MDiT, tapi saya dapat melihat dengan jelas strategi yang dibutuhkan menjadi seorang MDiT, seterang benderang pandangan saya melihat masa depan saya dan anda di Allianz kelak.

Jika yang saya tulis ini bukan anda anggap sebagai jurus rahasia karena anda sudah tahu, penting anda pahami kata bijak Bruce Lee :

Saya tidak pernah takut dengan seseorang yang memiliki 1000 jurus, tapi saya kuatir dengan seseorang yang memiliki 1 jurus yang diulang sebanyak 1000 kali.

Trust Me.

Bandung, 16 Maret 2018
Moh Sjaiful Alam
Penjual Senter

http://www.alamtrust.blog

Disclaimer : Artikel yang dipublikasikan di website ini bersifat pribadi dan tidak mewakili pendapat atau posisi Allianz Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: