Mimpi setiap Agen Allianz : MDiT

Motivasi agen asuransi pada umumnya tidak banyak dan sederhana !

Bukan memiliki kelimpahan uang, bukan menolong orang, bukan memiliki warisan dan dana cash sakit kritis 10 Milyar buat keluarga, bukan memiliki rumah mobil mewah, bukan jalan jalan keluar negeri gratis, bukan pula memiliki organisasi bisnis yang besar yang bisa diwariskan kelak, dan bukan pula menjadi pribadi luar biasa yang dihormati sahabat bisnis dan disayangi keluarganya.

Motivasi agen asuransi Allianz menurut persepsi istri saya cuma satu saja. Apa itu ? Semuanya.

Untuk mencapai semua hal sederhana di atas, jalan yang perlu ditempuh adalah menjadi seorang MDiT.

Apa itu MDiT ?

MDiT atau Million Dollar Income Team adalah peringkat penghargaan bagi agen asuransi Allianz yang telah mencapai income Milyaran per tahunnya.

Pencapaian prestasi mereka setiap tahunnya akan ditayangkan di halaman koran Kompas satu halaman penuh! Keren bukan?

Hingga tahun 2018 telah tercatat secara resmi sebanyak 231 agen yang memiliki income 1 Milyar hingga 24 Milyar per tahunnya. Itupun akan terus bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun. Sebagaimana perjalanan tiga tahun terakhir, dari 156 (2015) menjadi 197 hingga 231 MDiT tahun 2017.

Dapatkah anda membayangkan bagaimana life style anda, jika mampu meraih income 36 Milyar setahunnya seperti di negara Malaysia ? Itupun jumlahnya ada 8 orang di sana?

Diprediksi 10 tahun mendatang 2028 jika pertumbuhan dan kecepatannya konstan (pertumbuhan agen dan omsetnya) seperti iga tahun terakhir, maka akan hadir 20.000 orang Milyader baru dari Allianz dengan penghasilan minimal Rp 100 juta per bulannya. Itupun dengan asumsi total akumulasi omset Allianz mencapai 120 Trilyun, masih di bawah pencapaian jumlah akumulasi omset 200 perusahaan asuransi tahun 2012 (sebesar 133 Trilyun).

Bagaimana Menjadi MDiT ?

How To MDiT ? Ada 3 point penting yang bisa kita lakukan bersama sama menuju MDiT :

1. Make a Decision

2. Get the Fact

3. Action

Bagaimana penjelasannya ?

MAKE A DECISION

Meski setiap hari anda bertemu orang yang tepat dan cocok menjadi partner bisnis anda, jika anda tidak memutuskan menjadi seorang yang berhasil di Allianz sebagai MDiT, maka tidak akan ada apapun yang terjadi dalam hidup anda.

Bisa saja anda bergabung sejak tahun lalu atau lima tahun silam sebagai agen asuransi, namun tanpa keputusan menjadi Sukses Nothing will happen.

Siapa yang pernah mengambil keputusan untuk menjadi sukses di Allianz? Saya rasa semuanya pernah. Dan itupun sudah digaungkan sejak hadir di pertemuan pertama kali sebelum menjadi agen asuransi : Business Talk. Berkali kali prospek mengacungkan tangannya untuk mengatakan kepada dirinya dan audience bahwa saya ingin sukses di Allianz, benar demikian ? Tetapi mengapa tiba tiba tidak terjadi apapun ?

Mengacungkan tangan tinggi tinggi dan berkali kali sebagai tanda ingin sukses tidak berarti anda dijamin sukses jadi MDiT. Kalau sukses mengacungkan tangan, iya.

Hukum Alamiah Para Pengambil Keputusan

Entah bagaimana menjelaskan logika teorinya bahwa selalu ada tantangan yang hadir dengan jelas justru pada saat keputusan diambil. Faktanya seperti itu.

Apakah disebabkan karena adanya teori momen kelembaman sebagaimana yang dikatakan oleh Halliday (2010) dalam bukunya bahwa terdapat kemampuan suatu benda untuk mempertahankan keadaan awalnya. Dalam teori lain disebut oleh Tipler (2001) dengan momen inersia yang menyatakan sebagai pola ukuran resistensi terhadap perubahan gerak rotasi.

Setiap keputusan yang diambil maka akan muncul kendala untuk mengukur dan menguji kesungguhan anda.

Memutuskan menjadi seorang MDiT membutuhkan konsekuensi melakukan perubahan dalam banyak hal, mungkin perubahan dalam bidang skill, mental, manajemen strategi kerja, sumber daya modal atau organisasi, alokasi waktu, cara berfikir, kebiasaan atau lingkungan kerja yang dibutuhkan demi tercapainya tujuan.

Bagaimana cara menghadapi tantangan menjadi MDiT ?

Anda akan ditarik pada dua kutub yang saling berlawanan, saya sebut kutub positif dan negatif terhadap tujuan anda.

Anda akan mendengarkan suara dalam diri anda yang datang bergantian, munculnya tidak dapat diduga waktunya, tetapi polanya seringkali tidak beraturan. Sebentar muncul gambaran yang mendukung menuju sukses sebentar kemudian muncul gambar atau suara dalam pikiran segala hal yang membuat segalanya tidak mungkin terjadi.

Harisson Ford pernah berkata, jika anda mengatakan suatu hal itu mungkin terjadi, maka anda benar. Jika anda mengatakan sebaliknya bahwa tidak mungkin terjadi maka itu juga benar.

Pada dasarnya setiap manusia memiliki Dua Tuan yang melayani diri anda dengan sebaik mungkin. Yang pertama Tuan Mungkin dan kedua, Tuan Tidak Mungkin. Mereka berdua menyediakan segala alasan yang logis, tergantung dari diri anda sendiri.

Pertarungan dua serigala pikiran anda, sebagai putih dan hitam ini akan dimenangkan oleh siapa yang kuat.

Mana yang akan menang ? Adalah mana yang paling sering anda beri makanan.

Semuanya tergantung kepada Anda.

Faktor lingkungan juga akan mempengaruhi ketetapan hati anda atas keputusan anda sendiri. Jika anda sering bergaul para penjual ikan, maka tubuh anda akan berbau amis. Dan jika anda sering bergaul dengan pedagang minyak wangi, setidaknya tangan anda berbau wangi pula, karena sering bersalaman dengan mereka.

Apa yang perlu anda lakukan jika anda tetap memutuskan menjadi seorang MDiT ?

Pertama, carilah orang yang tepat dan bersedia membangun bisnis ini bersama anda. Tetapi ingat, bukan anda bekerja untuknya tetapi anda bekerja bersamanya. Semakin banyak orang tepat yang anda rekrut baik langsung ataupun tidak langsung, maka kemungkinan keberhasilan anda sangatlah besar. Karena income anda dipengaruhi oleh jumlah man power dalam tim anda.

Kedua, selalu pikirkan hal-hal yang membuat anda tetap semangat. Buatlah teather in your mind, tentang bagaimana anda saat meraih keberhasilan nanti. Membuat film kesuksesan dalam pikiran anda, gratis anda tidak dipungut biaya. Lakukan visualisasi secara terus menerus, dimana saja dan kapan saja.

Ketiga, Jadilah seorang yang ahli dalam mengajukan pertanyaan terhadap diri anda sendiri dan orang lain.

Daripada memikirkan jawaban yang tepat lebih baik anda memikirkan pertanyaan yang tepat. Apa maksudnya ? Menjadi seorang MDiT, bukan dengan mengajukan masalah apa yang akan muncul jika anda menjadi sukses, atau mengajukan pertanyaan apakah anda bisa atau tidak menjadi sukses tetapi pertanyaan yang benar adalah seperti ini :

– Bagaimana caranya saya bisa menjadi MDiT ?

– siapa orang yang akan saya libatkan sebagai tim saya nanti,

– bagaimana cara yang efektif untuk membuat janji ketemu dengan prospek sasaran saya?

– jika saya melakukan presentasi, informasi apa saja yang paling tepat untuk saya sajikan?

– pertemuan apa saja yang perlu saya promosikan pertama kali kepada prospek saya ?

GET THE FACT

Cari data yang anda butuhkan untuk menuju sukses anda, karena keputusan yang tekad dan bulat saja tidak cukup!

Jika anda tidak tahu polanya menjadi seorang MDiT, maka anda akan semakin stress dan mudah tersesat.

Miliki data yang cukup, komponen yang dibutuhkan untuk memiliki level income stabil di angka rata-rata Rp 100.000.000 sebulan dari industri asuransi.

Mana yang masuk akal bagi anda, menjadi penjual produk asuransi yang handal dengan mengumpulkan puluhan Big Case, atau ratusan nasabah dengan premi yang standart ? Memiliki sedikit agen tetapi berkualitas dalam memperoleh closingan premi atau banyak agen premi kecil-kecil?

Perlengkapi tim kerja anda dengan skill yang benar dan dibutuhkan bukan dengan keahlian yang sulit diduplikasi oleh tim baru anda.

Carilah data yang akurat, bangunan organisasi seorang MDiT yang sudah berhasil desain strukturnya seperti apa? Apakah bentuknya memanjang kesamping, atau memanjang ke bawah ? Berapa rata-rata Level yang telah terbentuk ?

Apakah Seperti gambar di bawah ?

Atau seperti ini ?

Atau seperti yang ini ?

Jika anda tidak tahu, bukankah sebaiknya anda konsultasi terlebih dahulu sebelum mulai membangunnya ?

Bisakah anda bayangkan sudah terlanjur membangun gedung tinggi besar, memakan waktu lama, ternyata desainnya salah sejak awal? Dibongkar atau dihancurkan, sayang tetapi jika diteruskan jadi pikiran karena tidak efisien.

Setelah anda mantap dan paham dengan pola organisasinya, barulah anda mulai mengajarkan kepada tim anda untuk mulai dibangun bersama sama.

Tetapi ingatlah beberapa hal penting tentang bisnis jaringan yang diniatkan untuk diduplikasi :

Jika anda melakukan hal benar, maka akan ditiru 50% dan jika anda melakukan hal salah maka akan ditiru 200% oleh grup anda.

Semakin dalam anda memiliki level kedalaman, semakin banyak jumlah orangnya semakin sulit anda mengendalikannya.

Semakin sedikit anda memiliki level kedalaman, semakin sedikit jumlah orangnya semakin mudah anda merubah arah bisnis anda.

Semakin sedikit grup anda semakin sulit anda memotivasi mereka, semakin besar grup anda maka akan semakin mudah anda memotivasi semangat kerja mereka.

Semakin dipercaya reputasi dan integritas anda dalam grup anda semakin mudah anda mendelegasikan tugas anda kepada mereka untuk mereka lakukan.

Semakin berkurang reputasi anda semakin sulit anda mengontrol perilaku tim anda pada saat mereka mengalami konflik dengan tim lainnya.

Dua metode menjadi MDiT

Pertama, memperbanyak jumlah Business Partner dalam grup Anda

Kedua, membangun Duplikasi Core Person.

Saya secara pribadi, memilih untuk menggunakan metode kedua yang saya yakini lebih mudah diduplikasi dan lebih cepat.

Meskipun saya belum membuktikannya, tetapi saya belajar dari pengalaman mentor sukses saya tentang hal ini.

Tanyakan kepada mentor aktif anda, berapa jumlah core person yang anda butuhkan untuk menjadi MDiT ?

TAKE ACTION

Pada ujungnya, semua teori, strategi, fakta data dan keputusan yang telah anda tetapkan tanpa satu komponen ini semuanya tidak akan berarti. Mengapa ? Karena ini adalah bisnis, bukan kampus.

Anda menjadi kaya bukan karena anda berfikir tetapi anda melakukan apa yang telah anda pikirkan sebelumnya.

Anda perlu mengambil tindakan segera, dan sekarang !

Konsultasikan apa yang perlu anda lakukan, jika anda benar-benar tidak mengerti. Tetapi jangan konsultasi terus menerus tanpa tindakan sesuai dengan yang disarankan oleh mentor aktif anda.

Tantangan pertama kali saat anda action adalah DIRI ANDA SENDIRI.

Anda perlu merubah diri anda dalam berbagai hal sebelum anda merubah orang lain.

Seringkali kita meminta orang lain berubah terlebih dahulu sebelum kita yang berubah.

Banyak pula para leader pemula yang berlindung di balik kelemahannya sehingga meminta orang lain yang berubah.

Jangan menyerah dengan kondisi yang tidak sempurna. Terlalu sering mereka melakukannya dan menyerah dengan kondisi saat ini.

Seorang leader tidak akan pernah gagal jika dia tidak pernah menyerah untuk bangkit sekali lagi.

Coba pikirkan hal ini terkait dengan tindakan menuju MDiT

  • Berapa frontline / direct baru yang bisa anda ciptakan bulan ini
  • Berapa lama anda ingin menyelesaikannya
  • Pertemuan apa saja yang dapat anda pergunakan untuk membangun motivasi dan skill tim baru anda
  • Berapa jumlah prospek yang akan anda dorong menjadi seorang core person
  • Berapa kaki aktif dan berapa orang calon core person yang anda hadirkan di seminar Live Today terdekat
  • Berapa proteksi yang saat ini anda miliki, kapan anda akan meningkatkannya sampai pada jumlah yang cukup bagi keluarga anda
  • Apakah anda sudah mengerti cara melakukan quick plan, home meeting, group meeting bagi tim anda
  • Berapa daftar nama yang telah anda tulis? 100 atau 200 orang ?

Saat ini contoh sukses sebagai MDiT di Allianz sudah sangat banyak, hingga 231 orang. Sudah cukup banyak bukti, tinggal anda yang menjadi bukti tahun ini dan tahun depan sebagai New MDiT.

Sampai jumpa di puncak

Disclaimer : Artikel yang dipublikasikan di website ini bersifat pribadi dan tidak mewakili pendapat atau posisi Allianz Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: