Tidak Semua Pengajuan Asuransi disetujui

Tidak semua permohonan pengajuan asuransi dikabulkan dan disetujui pembayarannya.

Banyak faktor yang menyebabkan hal ini, dan mayoritas penyebabnya adalah data nasabah yang tidak akurat sehubungan dengan identitas dan riwayat kesehatannya.

Bagaimana sikap anda terhadap informasi seperti ini?

Anda marah, kecewa, menyimpan prasangka bahwa asuransi mencurangi diri anda dengan tidak menerima permohonan anda atau kita koreksi diri ?

Jika saya sudah melihat dengan terang benderang bahwa ada orang lain yang tidak dapat diterima permohonan asuransi nya maka ada beberapa kesimpulan bagi saya pribadi :

  1. Anda ditolak satu perusahaan asuransi, besar kemungkinan asuransi manapun juga akan menolaknya. Dan hal itu adalah malapetaka yang besar bagi finansial keluarga anda. Mengapa ? Anda hanya dapat mengandalkan diri anda sendiri, tabungan anda, aset anda untuk membayar klaim kesehatan jika terserang sakit kritis. Itupun tidak cukup, karena setelah anda sehat dan tidak lagi mampu menghasilkan income maka biaya hidup anak dan istri anda, termasuk diri anda sendiri tergantung dari bantuan orang lain. itupun jika ada yang bersedia membantu.
  2. Istri dan anak anda harus dipastikan tidak mengalami musibah sakit seperti diri kita sendiri. Karena dari merekalah kita dapat survive, setidaknya istri atau anak kita dapat mencari solusi keuangan bagi kondisi ekonomi keluarga.
  3. Mulai saat ini harus hidup hemat dan memaksakan diri untuk memiliki skala penghasilan yang meningkat dari pekerjaan atau bisnis. Anda harus sukses dibidang pekerjaan anda. Atau carilah usaha sampingan tambahan yang memberikan hasil bagus sebelum bencana datang.
  4. Pasrah dan bersabar atas keadaan yang pelik -karena tidak ada satupun perusahaan asuransi jiwa yang bersedia menjamin- adalah jalan paling baik. Spiritualitas dan rasa keimanan kita kepada Yang Maha Kuasa harus ditingkatkan. Agar Tuhan YME selalu melindungi kita dari segala musibah.
  5. Mensyukuri bahwa nikmat yang paling besar dari Tuhan adalah kesehatan diri kita, anak, pasangan iatri dan orang tua kita
  6. Apa artinya punya banyak uang jika akhirnya musnah tak berbekas ? Ludes karena menanggung biaya sakit kritis yang berkepanjangan? Bahkan malah meninggalkan jejak hutang ?
  7. Cerdas dalam merespon. Lakukan hal terbaik untuk orang lain. Anda masih bisa menolong orang lain yang belum sadar akan pentingnya proteksi asuransi. Ajak dan yakinkan diri mereka sebelum semuanya terlambat. Dengan cinta yang tulus, berbagi kepada sesama semoga jerih payah kita diterima sebagai amal kebaikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Imam Ali ra pernah berkata jika anda ingin melimpah rezekinya bantu kesulitan ekonomi orang lain, jika anda ingin selalu sehat bantu orang lain untuk menyadarinya. Bersedekahlah di saat anda kekurangan maka Tuhan akan menolong kita, amin. Mengajak orang lain memiliki proteksi asuransi adalah bagian daripada sedekah dan amal kebajikan yang luar biasa dampaknya. Seperti perbuatan amal jariyah yang tidak akan pernah putus meski anda sudah tutup usia. Bayangkan jika teman anda menggunakan dana klaim dari Allianz sebagian digunakan untuk membangun rumah ibadah, menolong anak yatim, membangunkan rumah orang tuanya. Bukankah anda juga mendapatkan faedah pahalanya? Semoga demikian.
  8. Bagi anda dan saya yang sedang mengajukan polis asuransi atau sedang aktif membayar proteksi asuransi, pastikan seluruh data diri anda benar adanya jika terdapat perbedaan segera sampaikan lebih awal sebelum terlambat, apapun itu. Data akurat lebih baik daripada data kabur. Anda dapat merubahnya, memperbaikinya kapan saja melalui agen atau portal nasabah yang telah disediakan untuk update. Misalnya perubahan data identitas atau data kesehatan pada saat awal anda ikut. Jangan ada yang terlewat meski nampak sepele tapi bagi perusahaan asuransi itu penting. Misalnya dalam tubuh anda telah terpasang pen besi dan anda tidak merasakan ada masalah bukan berarti tidak perlu diungkapkan atau 10 tahun lalu pernah opname dan sampai saat ini terasa oke oke saja, saran penulis sampaikan dengan transparan kapan peristiwanya, di rumah sakit mana, siapa dokter yang menangani. Ribet ? Mungkin iya, tapi pahamilah bahwa perusahaan asuransi diawasi oleh lembaga yang lebih tinggi seperti OJK sehingga setiap pembayaran klaim pasti akan dilaporkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena perusahaan asuransi adalah perusahaan jasa yang melayani kepentingan publik.
  9. Kita hidup hanya satu kali, mati satu kali. Berbuat baik jangan sekali. Dan jangan mati sebelum tanggal kematian anda hadir. Do something right with your life.

Disclaimer : Artikel yang dipublikasikan di website ini bersifat pribadi dan tidak mewakili pendapat atau posisi Allianz Indonesia

Satu respons untuk “Tidak Semua Pengajuan Asuransi disetujui

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: