Kondisi keuangan sulit, perlukah menutup asuransi ?

Premi asuransi terbagi dalam 4 pos:

  • biaya asuransi
  • biaya akuisisi
  • biaya administrasi
  • investasi

Biaya akuisisi yg cukup besar akan dikenakan pada 1-5 tahun pertama, tergantung dari jenis asuransi & perusahaannya, totalnya kurang lebih sama walaupun berbeda lamanya. Ada yang 3 tahun pada umumnya 5 tahun.

Sedangkan Biaya asuransi akan naik terus sesuai kenaikan umur anda. Biaya administrasi bisa berubah tapi tidak signifikan, kecuali jika anda memiliki polis Allianz biaya administrasi flat selamanya.

Tahukah anda biaya asuransi Allianz yang paling kecil dibandingkan perusahaan lainnya dengan manfaat pertanggungan yang sama. Kok bisa ? Silakan dibuktikan setelah anda membandingkan dengan lainnya.

Sementara itu hasil investasinya sifatnya fluktuatif, sama seperti investasi apapun, bisa naik bisa turun, bisa minus parah atau melambung tinggi. Pos inilah yg paling sulit dikontrol.

Fungsi investasi dalam polis asuransi unitlink adalah sebagai dana cadangan apabila kita sedang kesulitan keuangan, atau bahkan suatu hari nanti sama sekali tidak produktif lagi.

Investasi dalam jangka panjang, dalam bentuk apapun, akan mengalami kenaikan yg signifikan. Misal kita beli emas 5 tahun lalu, saat ini pasti sudah jauh lebih tinggi harganya.

Begitupun unit link dalam polis asuransi. Dana cadangan ini akan sangat menolong di saat kita kesulitan bayar premi. Biaya asuransi & biaya administrasi akan diambil dari cadangan investasi kita, sehingga kita bisa cuti premi tetapi polis kita tetap aktif & berfungsi pada saat diperlukan.

Oleh karena itu , jangan sesekali iseng mengambil uang kita hanya untuk ‘sekedar menikmati’.

Asuransi adalah proteksi, ia menjadi dana likuid di saat terjadi resiko yg dijamin oleh asuransi.

Jika kita iseng withdrawal dana kita pada saat kita baik baik saja, maka cadangan dana investasi akan berkurang. Bahayanya adalah pada saat terjadi krisis keuangan & kesulitan bayar premi, dana cadangan ini bisa tidak mencukupi untuk dipakai membayar biaya asuransi & biaya administrasi.

Polis anda bisa saja lapse atau tidak aktif. Akhirnya tujuan kita untuk memiliki proteksi menjadi sia sia.

Sejak awal, jangan pernah memperlakukan polis asuransi sebagai tabungan atau dana senang senang. Investasi dalam asuransi adalah cadangan dana darurat untuk membayar biaya asuransi di saat kita ga mampu bayar premi.

Asuransi bukan tabungan.
Tabungan bukan asuransi.

Jangan menuntut asuransi seperti bank.
Jangan menuntut bank seperti asuransi.

Kawan2 yg punya asuransi kesehatan, entah swasta atau BPJS, please, tetap bayarlah preminya meskipun terasa berat.

Tanpa kita harapkan, sakit apapun saat ini, kita gak akan siap dengan biayanya kalau ga punya proteksi sama sekali.

Untuk yg punya asuransi kesehatan & asuransi jiwa swasta yg sudah berjalan lebih dari 5 tahun, jika ada kesulitan, bisa dikonsultasikan pada perusahaan asuransi, bagaimana mengatur pembayaran yg mungkin tersendat. Inilah keuntungan asuransi unit link, ada cadangan uang dalam polis kita.

Untuk yg belum punya asuransi jiwa, pastikan cadangan uang bisa bertahan beberapa tahun ke depan jika tiba2 kontrak hidup kita habis, agar anak2 bisa tenang sekolah & uang warisan bisa diolah untuk memulai usaha baru.

Jika ternyata kita belum siapkan warisan tunai, cobalah hubungi agen asuransi yg terpercaya. Menyisihkan 10 rb sampai 50 ribu per hari, langsung terjamin warisan tunai untuk keluarga sebesar ratusan juta bahkan milyaran jika masih muda, hanya dalam waktu 24 jam.

Saya paham, dalam kondisi seperti ini, ga seorang pun happy bayar premi, termasuk saya.

Tapi minimal, milikilah BPJS. Kalau kita tetap belum bisa meyiapkan warisan untuk keluarga, setidaknya jangan menambah beban pada keluarga.

Punya asuransi memang berat, tapi jauh lebih berat kalau ga punya asuransi 🙏

Disadur dari tulisan kawan saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: